Thursday, April 12, 2007

Sajak Dari Jurnal PWMK

SAJAK DARI TIGA KOTA

1
Jakarta

Harian pagi yang kubeli
tak sempat kubaca
aku dikelilingi peniaga asongan

Kutatap Monas dari jauh
yang kulihat adalah
api perjuangan rakyatnya

Sumur kecil di Lubang Buaya
terlalu kejam kurasakan
menelan tujuh pahlawan bangsa


2
Bogor

Ini kota hujan, kata Alex
waktu kami tiba
hujan pun turun
dengan lebatnya

Di antara lelap dan jaga
di atas Jagorawi yang panjang
aku terus mengembara
di sudut-sudut kehidupan

Waktu melintasi Bogor, kuingat
di sini pernah bermukim
manusia hotel, yang dengan novel itu
'Aku ziarah terus menerus'
katanya


3
Bandung

Di lereng-lereng bukit
kebun-kebun teh terbentang
bagaikan ombak permaidani

Di antara tikungan tajam
danhutan-hutan pina
aku tercium bau belerang

Di antara kleneng angklong
dan dingin kawah ratu
Tangkuban Perahu mengabur dalam dongeng

Kususuri Jalan Asia-Afrika waktu malam
sejarah lama muncul kembali
tiba-tiba gerimis pun turun

Ini kota kembang, kata orang
di sudut hotel kudapati
sejambak kembang plastik.

WAN A. RAFAR
Februari, 1991.

Catatan: Sajak di atas sudah lama terpendam dalam fail saya. Ketika dihubungi oleh seorang kaki tangan pejabat Dr Alias Mohamed, meminta saya menghantar segera esei atau sajak untuk dimuatkan dalam "Jurnal" Persatuan Wartawan Melayu Kelantan yang akan diterbitkan, maka saya segera mencari sajak-sajak saya yang belum diterbitkan. Saya kira sajak ini sesuai, maka saya pilih dan terus menghantarnya. Memang sajak ini disiarkan dalam keluaran sulung "Jurnal" tersebut yang diterbitkan April 2007. Jurnal ini telah dilancarkan oleh Tengku Razaleigh Hamzah dalam satu majlis merai'kan veteran UMNO di Hotel Perdana pada 31 Mac yang lalu.

1 Comments:

Blogger Unknown said...

Halo.
Kami adalah Perusahaan Pemberi Pinjaman, kami menawarkan pinjaman ke seluruh dunia untuk mengeposkan Situs Detail Perusahaan kami untuk mereka yang mendapatkan pinjaman dari Perusahaan Kami.
KAMI MENAWARKAN pinjaman @ 2% suku bunga untuk PURPOSES bisnis dan pribadi.APPLY sekarang dengan:
Nama:
Jumlah yang dibutuhkan:
Lamanya:
Negara:
objektif:
Nomor ponsel:
kirimkan surat kepada kami di: christloanfunds@gmail.com

5:52 AM  

Post a Comment

<< Home